• Rolip Saptamaji

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merancang Infografis Peta



Infografis memiliki kemampuan eksplorasi yang tidak terbatas untuk memuat berbagai tipe konten, tentunya kita tahu tentang itu. Selain infografis, peta juga memiliki kemampuan mengesankan dalam memuat, meringkas dan menampilkan informasi kompleks berdasarkan lokasi atau geografis. Perluasan makna peta dalam perancangannya memungkinkan kita merancang infografis peta yang mengedepankan unsur-unsur persuasif infografis untuk memuat informasi kompleks.


Apa Itu Peta Infografis

Pada dasarnya, infografis peta adalah infografis yang menyajikan informasi mengenai suatu tempat dan informasi lainnya yang berkaitan dengan tempat tersebut. Infografis peta dapat kita temukan pada peta wisata, peta event/acara, peta hasil pemilu dan lainnya. Pengemasan informasi melalui infografis peta mampu mempermudah orang untuk membaca, memahami dan berinteraksi dengan peta, sebagaimana infografis pada umumnya.



Berbeda dengan peta kartografis ataupun peta teknik yang memuat informasi spesifik dan meringkas detail untuk menyajikan informasi yang lengkap, peta infografis memuat informasi yang sudah terbingkai untuk tujuan komunikasi tertentu. Peta infografis dirancang untuk menyajikan informasi yang bersifat eksplanatif, bukan informasi deskriptif, sehingga tujuan perancangan peta infografis jelas berbeda dengan peta kartografis. Misalnya, pada peta wisata yang disajikan pada brosur wisata, ketepatan skala dan titik lokasi bukanlah fitur informasi yang diprioritaskan, melainkan analogi lokasi dan ilustrasi penanda lokasi yang menarik yang dijadikan fitur informasi utama.


Kapan Peta Infografis Dibutuhkan

Peta infografis memang sangat menarik baik secara visual maupun secara informasi, namun tidak semua informasi dapat disajikan dengan pendekatan ini. Peta infografis dibutuhkan ketika kita ingin menyajikan informasi yang menempatkan lokasi sebagai pesan utama yang akan disampaikan. Peta infografis memungkinkan eksplorasi elemen visual tambahan seperti chart dan diagram untuk memperlihatkan perbedaan nilai pada setiap lokasi yang ditampilkan, garis berwarna terang untuk merujuk alur lintas dari satu tempat ke tempat lainnya, ilustrasi penanda tempat untuk menarik perhatian pembaca, dan ornamen visual lainnya untuk membuat informasi menjadi menarik.


Bagaimana Merancang Peta Infografis

Setelah memahami fungsi dan konsep peta infografis, anda tentunya ingin mencoba untuk merancangnya. Namun, sebelum anda mulai merancangnya perhatikan poin-poin berikut.

Kelima poin di atas dapat dijadikan panduan dalam perancangan peta infografis karena sebagaimana penjelasan sebelumnya, peta infografis memiliki perbedaan besar dengan peta kartografis pada umumnya.


Peta infografis memungkinkan penyajian informasi berbasis lokasi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Kombinasi keunggulan peta dan infografis juga memungkinkan adopsi konten yang lebih padat dan beragam. Kombinasi ini juga menjawab berbagai kebutuhan penyajian informasi bagi korporasi dan lembaga publik yang biasanya memiliki konten informasi berbasiskan lokasi geografis berupa sebaran. Apapun jenis lembaganya, siapapun stakeholder-nya ketika anda memiliki informasi berbasis lokasi peta infografis menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan jangkauan informasi yang anda sajikan.