Melacak Persebaran Kopi Nusantara dengan Peta
top of page
  • Writer's pictureRolip Saptamaji

Melacak Persebaran Kopi Nusantara dengan Peta


Anda tentu mengetahui bahwa secangkir kopi di hadapan anda saat ini tidak hadir begitu saja. Kopi di Indonesia memiliki sejarah panjang yang bertautan dengan sejarah kolonialisme di negeri ini. Kopi yang pada awalnya dibawa oleh VOC dan mulai dibudidayakan bumi Parahyangan yang saat ini adalah di Jawa Barat menghasilkan keuntungan besar bagi negeri kincir angin tersebut sehingga tanaman ini disebarkan ke seluruh nusantara untuk meningkatkan keuntungan bagi VOC.


Saat ini, produksi kopi tidak hanya berada di Jawa Barat tapi juga di seluruh Indonesia. Sejarah panjang budidaya kopi di berbagai daerah di Indonesia menjadikannya sebagai identitas tertentu untuk daerah penghasilnya. Meskipun pada umumnya kopi di Indonesia hanya berasal dari varietas arabika dan robusta, budidaya dan sejarahnya melahirkan nama-nama baru dengan kekhasan masing-masing.


Peta infografis kopi yang dirancang oleh Poligrabs pada tahun 2017 ditujukan untuk memetakan persebaran kopi di Indonesia berdasarkan lokasi asal dan nama populernya. Peta ini tidak hanya memuat informasi lokasi geografis tapi juga berbagai informasi pendukung lainnya seperti linimasa sejarah kopi, data ekspor kopi Indonesia, sajian khas kopi di berbagai daerah di Indonesia, dan proses produksi kopi. Ragam informasi tersebut disusun ke dalam sebuah infografis berjudul Sejarah Kopi Nusantara.


Peta infografis Sejarah Kopi Nusantara dirancang untuk melacak persebaran kopi di Indonesia yang bukan hanya data deskriptif yang menampilkan informasi geografis tapi juga sejarah dan data aktual tentang kopi di Indonesia. Peta infografis ini dirancang berdasarkan riset sekunder dari literatur ilmiah mengenai kopi. Riset tersebut kemudian diolah menjadi konten informasi yang memiliki alur dan diterjemahkan secara visual melalui ilustrasi. Akhirnya, semua elemen tersebut disusun menjadi satu infografis besar Sejarah Kopi Nusantara.


Ketika anda melihat infografis Sejarah Kopi Nusantara sambil menikmati secangkir kopi panas, anda tidak perlu lagi bertanya-tanya bagaimana kopi ini bisa ada di cangkir anda. Infografis ini mampu menjawab semua pertanyaan anda dalam sekali teguk dan anda dapat menggali informasi lainnya dari infografis ini pada tegukan-tegukan kopi berikutnya. Infografis sejarah kopi nusantara memang dirancang agar anda mampu merangkum sejarah kopi di indonesia dalam secangkir kopi yang anda nikmati saat ini.


bottom of page