• Poligrabs Infographic

Motion Graphic, Rahasia Brand Tetap Terhubung dengan Konsumen Selama Krisis Covid-19

by: Phara Sotya


Di masa krisis ini, peran utama marketing brand adalah mendengarkan konsumen. Ancaman virus Covid-19, diberlakukannya social distancing dan work from home menimbulkan kecemasan dan kebutuhan-kebutuhan baru konsumen. Setelah itu brand dapat meresponnya dengan mengeluarkan produk baru untuk menjawab tingginya permintaan konsumen akan produk-produk sanitasi, mengembangkan layanan delivery, atau transaksi online untuk mengakomodir keterbatasan mobilitas konsumen.


Tidak kalah penting, brand perlu mengkomunikasikan produk atau layanan baru tersebut kepada konsumen. Untuk itu, video animasi merupakan strategi content marketing terbaik yang dapat kamu tempuh.


Infografis poligrabs: Motion graphic 3 rahasia

Kenapa video animasi?

1. Video dan motion graphic tengah mendominasi trafik online bahkan sebelum pandemi corona merebak. Cisco Annual Internet Report 2018-2023 memprediksi 82% trafik internet pada tahun 2022 akan didominasi oleh video. Hal ini menjadikan video sebagai media sempurna bagi brand untuk menjangkau para audience/konsumennya.


2. Produksi video live-action menjadi semakin sulit di masa semua orang harus melakukan social distancing. Sementara untuk membuat motion graphic, para penulis script, graphic designer, motion grapher, dan voice over talent dapat mengerjakan tugasnya dari rumah masing-masing.


3. Motion graphic mampu mengcover berbagai tema dari berbagai jenis industri, bahkan sektor publik. Rahasianya: motion graphic mengkombinasikan data visualization, icon, dan ilustrasi untuk membuat konsep yang rumit menjadi jelas, sederhana, dan lebih menyenangkan.


Berdasarkan tujuannya, motion graphic terbagi dalam 3 tipe, yaitu:


1. Explainer
Explainer video membantu menjelaskan konsep, produk, atau jasa. Video tipe ini menyaring esensi dari suatu konsep kemudian memvisualisasikannya agar lebih jelas. Pendekatan ini cocok juga untuk konten yang detail dan teknis.
2. Emotive
Tujuan utama dari video tipe ini adalah menggugah emosi audiencenya, baik positif atau negatif. Emosi yang dirasakan oleh audience setelah menonton video ini akan menggerakkannya untuk mengambil suatu tindakan spesifik.
3. Promotional 
Video tipe ini membantu menjual produk, jasa, atau event, dengan menyampaikan detil-detil yang memotivasi audience untuk melakukan pembelian.

Masa krisis ini dapat menjadi momen baik untuk mengembangkan konten marketing brand anda. Dengan semakin renggang jarak fisik antar manusia untuk meredam persebaran virus Covid-19, orang beralih pada kanal-kanal digital untuk tetap terhubung. Cobalah strategi motion graphic ini agar brand kamu terus terhubung dengan konsumen.

2020 Poligrabs Creative Studio

Poligrabs adalah merek milik PT Balada Komunikasi Visual

PT Balada Komunikasi Visual