top of page
  • Writer's pictureRolip Saptamaji

Tips Pitchdeck Bisnis ala Guy Kawasaki dari desain hingga public speaking


Guy Kawasaki
Guy Kawasaki

Guy Kawasaki bukanlah nama yang asing dalam dunia bisnis dan teknologi. Guy adalah seorang pakar marketing dan penulis buku yang cukup berpengaruh dan pernah menjadi pemateri di TEDx. Selain itu, Popularitasnya semakin meningkat seiring dengan perkembangan pesat Canva, sebuah platform desain online yang berhasil mendisrupsi dunia desain komunikasi visual dengan kemudahan penggunaan dan akses aplikasi desain.

Keberhasilan Guy Kawasaki dalam dunia bisnis tersebut tidak lepas dari kemampuannya menarik investor dan menghadirkan inovasi. Salah satu cara yang umum digunakan olehnya dan kalangan bisnis lainnya adalah dengan beradu ide melalui presentasi bisnis. Guy sebagai seorang inovator memiliki gaya presentasi bisnis yang unik, saya pernah membahas struktur presentasi bisnis ala Guy Kawasaki pada sebuah artikel lama dan sempat menyusun template presentasi dengan pendekatan struktur presentasi bisnis Guy Kawasaki. pada artikel ini, saya akan membagikan tips desain dan teknik presentasi khas dari Guy Kawasaki.


Tips Merancang Pitchdeck presentasi ala Guy Kawasaki

Ideation process

Bagi Guy Kawasaki, desain presentasi adalah hal yang penting dan memiliki peran besar dalam keberhasilan presentasi bisnis. Oleh karena itu, gaya presentasi yang ia hadirkan selalu menarik dan dinamis. Berikut adalah lima tip untuk mendesain presentasi profesional dengan gaya Guy Kawasaki:

  1. Gunakan gambar berkualitas tinggi; Pastikan untuk menggunakan gambar berkualitas tinggi yang relevan dengan konten. Perhatikan resolusi gambar, warna dan gaya visual yang anda hadirkan pada presentasi mampu menarik perhatian audiens.

  2. Gunakan prinsip desain; Penggunaan prinsip desain pada desain presentasi sangat penting untuk menambah keterbacaan dan kemudahan penerimaan pesan. yaitu; Kesatuan, Semua bagian dari sebuah desain harus saling terkait; Keseimbangan, Desain harus terlihat seimbang, baik secara horizontal maupun vertikal; Proporsi, Perbandingan ukuran yang digunakan untuk membantu membandingkan panjang dan lebar; Irama, Pola pengulangan teratur yang dibuat dari unsur-unsur yang berbeda; Kontras, Menghindari elemen desain yang terlihat sama atau serupa; Harmoni, Faktor yang mengamankan agar suatu desain tidak terkesan terlalu ramai; Penekanan, Bagian yang menjadi fokus atau yang mendapatkan perhatian pertama.

  3. Gunakan storytelling; Keterampilan mendongeng sangat penting dalam menyusun dan membawakan presentasi. Perhatikan alur pesan pada presentasi, libatkan audiens melalui perntanyaan dan pernyataan yang menarik perhatian ataupun dengan menyelipkan anekdot dan humor yang dikemas dalam narasi presentasi. Selain itu, kejelasan makna dan penyampaian juga penting untuk disusun.

  4. Selipkan humor; Audiens seringkali bosan mendengarkan pemateri, apalagi ketika narasi yang disampaikan sulit dipahami. Salah satu cara yang digunakan oleh Guy Kawasaki adalah dengan menyelipkan humor baik melalui anekdot ataupun visual yang menghibur. Pastikan selipan humor yang anda bawakan tidak menjadi distraksi bagi audiens dan mampu melibatkan mereka.

  5. Gunakan statistik dan data; Data dan statistik mampu mendukung pendapat dan menambah kredibilitas konten presentasi. Perhatikan penggunaan visualisasi data yang tepat untuk disajikan pada presentasi untuk menghindari bias.

  6. Latih penyampaian Anda; Gaya penyampaian presentasi Guy Kawasaki selalu penuh percaya diri dan energik, selain itu kekuatan penyampaiannya juga terletak pada kejelasan intonasi dan alur yang menarik. Pastikan Anda melatih cara pembawaan presentasi sebelum menyampaikannya sehingga Anda dapat menyampaikannya dengan percaya diri.


Slide Presentasi

Secara keseluruhan, keenam tips di atas mampu meringkas gaya presentasi Guy Kawasaki mulai dari desain hingga gaya pembawaan presentasi. Tips ini mungkin terlihat sangat mudah, namun pada prakteknya keterampilan presentasi memerlukan intensitas praktek dan latihan yang cukup untuk menghasilkan presentasi yang sukses. Ketepatan data, narasi yang lengkap dan desain yang menarik perhatian juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan agar Anda mampu membawakan presentasi dengan energik dan percaya diri.


Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page