top of page
  • Writer's pictureRolip Saptamaji

Menyusun Presentasi Kebijakan Publik yang Mampu Meyakinkan Audiens


"Sukses dalam menyampaikan kebijakan publik tergantung pada kemampuan memahami dan menjelaskan bagaimana kebijakan itu akan membantu memecahkan masalah yang mendasar dalam masyarakat."

John Kotter


Berbicara dan mempresentasikan kebijakan publik merupakan tugas yang penting bagi pejabat publik. Dalam situasi ini, mereka harus mampu mempengaruhi dan meyakinkan audiens bahwa kebijakan yang diajukan merupakan solusi yang tepat untuk masalah yang ada. John Kotter, profesor emeritus di Harvard Business School dan penulis buku "Leading Change," mengatakan bahwa "Sukses dalam menyampaikan kebijakan publik tergantung pada kemampuan memahami dan menjelaskan bagaimana kebijakan itu akan membantu memecahkan masalah yang mendasar dalam masyarakat." Oleh karena itu, pejabat publik harus memiliki keterampilan komunikasi dan presentasi yang baik untuk memastikan bahwa kebijakan yang dibawakan dapat dipahami dan diterima oleh masyarakat dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips penting untuk menyusun presentasi kebijakan publik yang efektif.



5 Teknik Penyusunan Pressentasi Kebijakan Publik yang Meyakinkan

Identifikasi masalah dan tujuan presentasi

Langkah pertama dalam menyusun presentasi kebijakan publik adalah menentukan masalah yang akan dibahas dan tujuan presentasi. Ini akan membantu Anda menentukan isi dan fokus presentasi sehingga lebih terfokus dan efektif.


Pemahaman yang kuat tentang materi

Untuk mempengaruhi dan meyakinkan audiens, pejabat publik harus memiliki pemahaman yang kuat tentang materi yang akan dibahas. Pastikan untuk melakukan riset dan memahami seluk-beluk kebijakan publik yang akan dibahas.


Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Berbicara tentang kebijakan publik bisa menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens. Ini akan membantu membuat presentasi lebih terbuka dan meningkatkan kemampuan untuk mempengaruhi audiens.


Sertakan data dan fakta yang kuat

Data dan fakta yang kuat akan membantu meyakinkan audiens bahwa kebijakan publik yang diajukan merupakan solusi yang tepat. Carilah data dan fakta yang berkaitan dengan masalah dan kebijakan yang dibahas.


Fokus pada solusi dan bukan masalah

Presentasi kebijakan publik harus fokus pada solusi dan bukan masalah. Jangan terlalu lama membahas masalah, fokuslah pada solusi dan bagaimana kebijakan publik dapat membantu mengatasi masalah.


Menutup dengan Kesimpulan yang Kuat

Tutup presentasi dengan kesimpulan yang kuat dan memukau. Berikan beberapa poin kunci yang dapat dikenang oleh audiens, dan pastikan bahwa mereka memahami ide-ide yang telah Anda sampaikan.




Menyusun presentasi kebijakan publik yang dibawakan oleh pejabat publik adalah hal yang penting dan memerlukan banyak perhatian. Poin penting dari penyusunan presentasi kebijakan publik ini adalah bagaimana publik mampu mengikuti dan memahami presentasi yang disampaikan oleh presentator. Dengan mengikuti 6 langkah penting ini, Anda akan dapat menyusun presentasi yang memukau dan memotivasi audiens.


Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page