top of page
  • Writer's picturePoligrabs Infographic

5 Cara Menyiasati Technical Glitch saat Presentasi



Technical glitch adalah masalah teknis yang sering terjadi saat presentasi bisnis. Gangguan seperti ini bisa sangat mengganggu dan membuat presentasi menjadi kurang efektif. Namun, dengan beberapa cara yang tepat, presentator dapat mengatasi technical glitch dengan mudah dan memastikan presentasi tetap berjalan lancar.




5 Tips Mengatasi Technical Glitch

Berdasarkan pengalaman Poligrabs saat melakukan presentasi bisnis, berikut adalah 5 cara yang dapat membantu mengatasi technical glitch saat presentasi bisnis:


  1. Persiapkan peralatan dengan baik. Pastikan laptop, proyektor, dan perangkat audio yang akan digunakan dalam presentasi sudah dites sebelum acara dimulai.

  2. Bawa peralatan cadangan. Bawa laptop atau perangkat lain yang dapat digunakan sebagai cadangan jika terjadi masalah dengan peralatan utama.

  3. Latihan presentasi tanpa peralatan. Latihan presentasi tanpa peralatan akan membantu mengatasi rasa gugup dan memastikan bahwa presentasi masih bisa dilanjutkan meskipun tanpa peralatan.

  4. Fokus pada pesan utama. Jangan terlalu fokus pada masalah teknis dan fokus pada pesan utama yang ingin disampaikan.

  5. Jangan panik. Technical glitch bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Jangan panik dan cari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah.



Technical glitch memang sering terjadi tanpa persiapan, Namun, dengan beberapa cara yang tepat, presentator dapat mengatasi technical glitch dengan mudah dan memastikan presentasi tetap berjalan lancar. Pastikan peralatan sudah dites, bawa peralatan cadangan, latihan presentasi tanpa peralatan, fokus pada pesan utama, dan jangan panik untuk memastikan keberhasilan presentasi.


bottom of page