top of page
  • Writer's pictureRolip Saptamaji

5 Langkah Menjaga Konsentrasi dan Percaya Diri saat Public Speaking



"Public speaking adalah keahlian yang sangat berguna dan
dapat dikembangkan dengan latihan yang teratur."
(John Maxwell, speaker dan penulis buku best-seller).

Public speaking merupakan keahlian yang sangat berguna dan dihargai dalam berbagai bidang, namun banyak orang yang merasa gugup dan kehilangan konsentrasi saat berbicara di depan umum. Masalahnya beragam, mulai dari tidak terbiasa hingga tidak menguasai materi atau kurang persiapan. Kebanyakan orang tidak berani menghadapi kegugupan ini dan membayangkan bagaimana jika nanti para audiens malah menertawakan atau takut mempermalukan diri sendiri di depan umum. Hasilnya, sebisa mungkin mereka menghindari public speaking dan kehilangan kesempatan untuk mengasah keahlian public speaking.


  • Persiapkan Materi dan Latihan Mental.

Persiapkan materi presentasi dengan baik dan latihlah mental untuk membangun rasa percaya diri. Buat pemikiran positif dan rileks dengan melakukan meditasi atau latihan relaksasi.

  • Fokus pada Audiens.

Tentukan tujuan dan fokus pada pesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Baca juga tentang profil audiens, seperti usia, profesi, dan minat agar lebih memahami apa yang mereka butuhkan.

  • Latihan adalah Kunci.

Latihlah presentasi Anda sebanyak mungkin. Mulailah dengan berbicara di depan keluarga dan teman, lalu tingkatkan dengan berbicara di depan kelompok yang lebih besar. Ini akan membantu Anda membangun kepercayaan diri dan mengatasi rasa gugup.

  • Buat Struktur dan Skenario.

Buatlah skenario dan susun presentasi dengan baik. Buatlah inti pesan dan berikan unsur-unsur yang membuat presentasi menarik, seperti analogi, cerita pribadi, dan visual.

  • Gunakan Intonasi dan Gestur yang Baik.

Gunakan intonasi yang jelas dan kuat serta gestur yang membuat Anda terlihat percaya diri. Hindari membaca teks, mengacak-acak catatan, atau menunjukkan tanda-tanda kegelisahan.



Menjaga konsentrasi dan percaya diri saat public speaking membutuhkan persiapkan dan latihan yang baik. Gunakanlah teknik dan cara yang tepat seperti mempersiapkan materi, mengenali tujuan dan audiens, latihan, membuat struktur dan skenario, dan gunakan nada suara dan gerakan tubuh yang baik.


Jangan takut untuk berbicara di depan umum, Mulai dan latih kemampuanmu sejarang juga!


Referensi Maxwell. John C. (2003) The Power of Concentration: How to Keep Your Focus during Public Speaking


Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page