• Rolip Saptamaji

Cara Tepat Menggunakan Bar Chart



Bar chart atau diagram batang merupakan salah satu bentuk chart yang populer digunakan untuk visualisasi data, terutama untuk menunjukkan data yang kompleks dan banyak dengan hanya sekali lihat. Karena kemudahannya, bar chart sangat sering digunakan saat penyajian data sehingga membuatnya menjadi sangat familiar bagi para publik. Tapi, bar chart juga dapat membingungkan ketika anda membuat bar chart untuk membandingkan beberapa variabel secara bersamaan. Tentu saja karena tidak semua yang mudah dilihat berarti mudah dibuat. Seperti pembahasan sebelumnya tentang pie chart, anda perlu memahami cara tepat memilih chart untuk dapat menggunakan bar chart dengan tepat.


Apa itu bar chart


Bar chart adalah grafik atau diagram batang persegi panjang dengan tinggi atau panjang yang sebanding dengan nilai yang diwakilinya. Bar chart memiliki dua sumbu yaitu sumbu horizontal dan sumbu vertikal. Sumbu horizontal (X) digunakan untuk nilai, sedangkan sumbu vertikal (Y) digunakan untuk menunjukkan item/kategori. Panjang persegi panjang pada bar chart sebanding dengan nilai item/kategori yang diwakilinya. Bar chart digunakan untuk melakukan perbandingan benda atau kategori.


Kapan bar chart digunakan


Bar chart juga digunakan saat anda ingin membandingkan nilai antar beberapa kategori untuk menunjukkan nilai terkecil dan terbesar dari suatu data.


Bagaimana menggunakan bar chart



Sebagaimana ditekankan pada artikel sebelumnya mengenai pie chart, penggunaan bar chart juga perlu memerhatikan tujuan komunikasinya. Bar chart memang efektif menyampaikan pesan namun perlu kejelian dalam menyajikannya agar pesan tidak hanya tersampaikan namun juga meyakinkan.


2020 Poligrabs Creative Studio

Poligrabs adalah merek milik PT Balada Komunikasi Visual

  • Facebook
  • YouTube
  • Pinterest
  • Instagram

PT Balada Komunikasi Visual