• Poligrabs Infographic

News : Infografis Berperan Strategis

Updated: Aug 14, 2018



Workshop KIDI Jakarta 2016

DIREKTORAT Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Media Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Workshop Konten Informasi Digital (Kidi) seri 9 bertema Gerakan masyarakat hidup sehat pada Kamis (1/12).

Mahasiswa dilibatkan dalam workshop itu karena menurut Kepala Subdirektorat Pengelolaan Informasi Perekonomian Direktorat Pengelolaan dan Penyediaan Informasi Ditjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Nursodik Gunarjo, mereka akan dilibatkan dalam upaya memproduksi dan menyebarluaskan infografis dan videografis yang berkaitan dengan program-program pemerintah.

Workshop dibuka Gun Gun Siswadi, staf ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, kemudian dilanjutkan sesi pemberian materi mengenai pembuatan infografis dan videografis yang melibatkan tiga pembicara, yaitu dosen Sekolah Tinggi Indonesia dan Founder Poligrabs Infographic, Rolip Saptamaji, Redaktur Artistik Media Indonesia Budi Setyo Widodo, dan Newsgraphic Produser Metro TV Dannie Faizal.


Rolip Saptamaji (Poligrabs), Dannie Faizal (Metro TV), Andreas M Zay (Media Indonesia), "Tiyok" Setyo widodo (Media Indonesia)

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan infografis. Pertama tema untuk menentukan infografis yang diangkat, kedua jenis media infografis yang akan ditampilkan.

"Dalam membuat infografis tergantung media apakah cetak, daring, atau lainnya, karena media berpengaruh pada pemilihan warna, layout, dan lainnya," terang Budi.

Selain itu, dia menjelaskan soal prinsip dalam membuat layout pada infografis. Layout merupakan tata letak dalam menampilkan pesan atau informasi dalam infografis. Yang perlu diperhatikan dalam membuat layout, pertama urutan, kedua penekanan, keseimbangan, kesatuan data, dan terakhir etika.

"Dalam membuat layout harus sesuai urutan. Jangan judul kita letakkan di bawah," kata dia.

Apabila ada data yang dianggap penting atau menarik untuk ditekankan bagi pembaca infografis, data tersebut dapat ditempatkan dalam boks atau ukuran hurufnya diperbesar.

Budi menekankan yang perlu diperhatikan ketika membuat infografis ialah akurasi dan kebenaran informasi dari data dan info yang disajikan.

"Ini menyangkut etika dalam membuat infografis. Di samping akurasi dan kebenaran informasi, verifikasi, kita perlu menggunakan skala dan ukuran, mencantumkan penulis serta sumbernya," tegas dia.

Secara keseluruhan Workshop Kidi diselenggarakan 9 seri dengan 9 program prioritas pemerintah, melibatkan 70 kampus, dan 1.400 mahasiswa. Setiap sesi mengusung tema berbeda. Sebagai rangkaian workshop, ada lomba pembuatan produksi konten informasi berbentuk infografis ataupun videografis yang pesertanya adalah mahasiswa. (Ind/H-5)


sumber: http://mediaindonesia.com/read/detail/80544-infografis-berperan-strategis.html

44 views

2020 Poligrabs Creative Studio

Poligrabs adalah merek milik PT Balada Komunikasi Visual

  • Facebook
  • YouTube
  • Pinterest
  • Instagram

PT Balada Komunikasi Visual