News : Kidi Libatkan Mahasiswa DKV
top of page
  • Writer's picturePoligrabs Infographic

News : Kidi Libatkan Mahasiswa DKV

Updated: Aug 14, 2018

Media Indonesia Jumat, 14 Okt 2016, 04:30 WIB




MELALUI workshop Konten Informasi Digital (Kidi) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), generasi muda diajak untuk ikut memproduksi konten informasi berkaitan dengan program pemerintah, yakni melalui lomba pembuatan produksi konten informasi (infografis dan videografis).

Dengan adanya workshop yang diselenggarakan Kemenkominfo yang bekerja sama dengan Media Indonesia dan Metro TV itu diharapkan, sosialisasi mengenai program dan kebijakan pemerintah akan lebih cepat tersampaikan.

"Salah satu caranya ialah melibatkan masyarakat dalam proses komunikasi pemerintah, mengajak mereka untuk turut serta memproduksi sekaligus menyebarluaskan pesan tentang program dan kebijakan pemerintah," ujar Kepala Subdirektorat Pengeloloaan Informasi Perekonomian Direktorat Pengelolaan dan Penyediaan Informasi Ditjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Nursodik Gunarjo di sela-sela rangkaian workshop Kidi seri ketujuh yang bertempat di Kampus Paramadina, Jakarta, kemarin.


Poligrabs, Media Indonesia dan Metro TV
Workshop KIDI 2016 Jakarta Universitas Paramadina

Nursodik mengatakan tahun ini workshop Kidi yang berjumlah sembilan seri akan melibatkan sembilan perguruan tinggi dari berbagai daerah.

Setiap serinya mengusung tema berbeda, yaitu isu maritim, energi, pangan, pariwisata, pendidikan, infrastruktur, kesehatan, reformasi birokrasi, dan revolusi mental.

Peserta lomba merupakan mahasiswa dari jurusan desain komunikasi visual, dengan setiap tim beranggotakan 10 orang.

"Anak-anak yang kita libatkan berasal dari jurusan DKV. Mereka semua punya media sosial dan kebetulan berada di sebuah lingkungan tempat mereka bisa melakukan kreativitas dalam hal pembuatan infografis dan videografis," imbuh dia.

Dalam workshop Kidi, para mahasiswa diajari dan diberi materi mengenai pembuatan infografis dan videografis yang baik dan benar.


mahasiswa unika atmajaya
Peseerta Workshop KIDI Jakarta 2016

Workshop di Universitas Paramadina diisi tiga pembicara, yakni dosen Sekolah Tinggi Indonesia Roliv Saptamaji, Redaktur Artistik Media Indonesia Budi Setyo Widodo, dan News Graphic Producer Metro TV Dannie Faizal.

Budi menyampaikan, dalam membuat infografis, apabila datanya terlalu banyak, upayakan agar yang ditampilkan ialah informasi yang menjadi fokus.

Sementara itu, Dannie mengingatkan pentingnya mencantumkan sumber yang kredibel dalam infografis ataupun videografis.

"Pembaca akan mencari sumber lain kalau sumbernya tidak kredibel," tukasnya. (Ind/H-5)


sumber: http://mediaindonesia.com/read/detail/72079-kidi-libatkan-mahasiswa-dkv.html

41 views
bottom of page