top of page
  • Writer's pictureRolip Saptamaji

Tips Merancang Presentasi Inspiratif dengan Menggali Kreativitas ala TEDx


Tedx

Beberapa tahun terakhir, gaya presentasi TEDx pada acara TEDx Talks menjadi gaya presentasi yang sangat populer karena kreativitas ide-idenya mampu memberikan inspirasi bagi audiensnya. Gaya ini seakan menjadi acuan umum bagi semua orang, entah dalam acara seminar, kuliah umum, hingga presentasi bisnis. Presentasi dengan gaya TEDx sendiri sebenarnya tidak begitu sulit untuk direplikasi, namun ada beberapa catatan yang perlu kita pahami sebelum merancang presentasi ala TEDx.


Sekilas inspirasi dari TEDx


Pak Raden di TedX Indonesia

The TED conference, yang menjadi cikal bakal TEDx Talks dimulai sejak tahun 1984 sebagai sebuah konferensi tahunan yang mengumpulkan para pemimpin industri kreatif untuk bertukan ide yang layak untuk disebarkan. TED sendiri berasal dari singkatan technology (teknologi), entertainment (hiburan) and design (desain) ketiga bidang inilah yang dianggap sebagai stakeholder utama dalam industri kreatif sejak tahun 1984. Pada konferensi ini, para pemimpin industri kreatif dijadikan pembicara yang menceritakan pengalaman langsung dan ide-ide melalui spontanitas di panggung konferensi.

Setelah lebih dari 30 tahun, konferensi TED telah menjadi institusi yang melahirkan acara "TEDx" lokal di berbagai tempat dan mendokumentasikan ratusan pidato yang berisi ide-ide inspiratif dalam format video. Pidato tersebut ditayangkan secara online pada platform youtube dengan jutaan penayangan sehingga dapat diakses secara publik di seluruh dunia. Dominasinya yang berasal dari pidato inspiratifnya telah menjadikannya top of mind ketika kita bicara soal presentasi.

Di Indonesia, TEDx sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 2008 melalui TEDxJakarta. Acara pertama TEDxJakarta diselenggarakan pada tahun 2009, popularitasnya kemudian mendorong diselenggarakannya TEDxBandung pada tahun 2010 dan diikuti dengan TEDxITB, TEDxITT, dan lainnya di berbagai kota. Nama-nama populer seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sujiwo Tejo, hingga generasi muda seperti Gustika Hatta sempat berbagi ide dan inspirasi melalui acara ini dengan presentasi yang memukai ratusan ribu penonton di kanal TEDxTalks.


Ciri khas presentasi ala TEDx

Berikut adalah beberapa ciri penting yang dapat anda temukan ketika menonton presentasi ala TEDx:

  1. Presentasi ala TEDx dibawakan secara langsung tanpa catatan. Tapi presentasi ini tidak spontan, para pembicara biasanya menyiapkan presentasinya sejak lama dan dibantu oleh teleprompter untuk memudahkan narasinya.

  2. Desain presentasi TEDx sangat bagus. Desain presentasi yang disiapkan oleh para pembicara biasanya dipersiapkan secara profesional dan berkualitas, terkadang juga dilengkapi dengan beragam properti panggung. Hal ini menunjukkan bahwa presentasi yang mereka bawakan adalah presentasi yang terencana secara matang baik dari naskah hingga visualisasi.

  3. Konten presentasi ala TEDx sangat inspiratif. Nilai urgensi dari presentasi ini pada dasarnya bergantung pada subjektifitas audiens. Namun, secara umum para pembicara diharuskan untuk membawakan ide besar secara ringkas selama 5-18 menit, sehingga dalam persiapannya, pembicara harus menyiapkan alur dan memotong semua bagian yang dianggap tidak signifikan sehingga paparan menjadi sangat padat dan memiliki urgensi yang kuat.

Merancang presentasi ala TEDx

Beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk membuat presentasi yang tampak profesional dalam gaya TEDx:

  1. Gunakan desain yang konsisten: Pilih skema warna dan jenis font yang konsisten, dan gunakan secara konsisten di seluruh presentasi Anda. Ini akan membantu menciptakan tampilan dan nuansa yang kohesif.

  2. Sederhanakan: Hindari menggunakan terlalu banyak font, warna, atau grafik. Gunakan desain minimalis agar presentasi Anda terlihat bersih dan profesional.

  3. Gunakan gambar berkualitas tinggi: Gunakan gambar yang jelas dan relevan dengan konten Anda. Hindari menggunakan gambar beresolusi rendah atau piksel.

  4. Gunakan poin-poin: Poin-poin adalah cara yang bagus untuk mengatur konten Anda dan memudahkan audiens Anda untuk mengikuti. Hindari menulis paragraf teks yang panjang pada setiap slide.

  5. Latih cara anda membawakan presentasi: Pastikan untuk melatih presentasi Anda sebelum mengirimkannya. Berlatih berbicara dengan jelas dan percaya diri, dan bersiaplah untuk menjawab pertanyaan dari audiens Anda.


TedX Sidney

Secara umum, kunci untuk perancangan presentasi gaya TEDx yang sukses adalah dengan membuatnya tetap sederhana, teratur, dan menarik secara visual, sekaligus memperhatikan penyampaian Anda. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat merancang presentasi yang profesional, interaktif dan menginspirasi audiens Anda.


Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page