• Rolip Saptamaji

Cara menggunakan ikon pada infografis dan visualisasi data


Saat ini media massa, perusahaan komersial hingga lembaga pemerintahan seringkali menggunakan infografis dan visualisasi data untuk mempublikasikan informasi dan data kepada publik. Penggunaan infografis juga diterapkan pada berbagai media baik media cetak maupun digital. Popularitas ini tentunya membuat anda sangat familiar pada infografis dan visualisasi data. Jika anda perhatikan berbagai infografis yang pernah anda lihat, salah satu elemen visual yang paling sering anda temukan dalam infografis dan visualisasi data adalah icon. Baik pada infografis yang berisi visualisasi informasi maupun publikasi data statistik.


Banyaknya penggunaan icon pada infografis dan visualisasi data tentunya bukan tanpa alasan. Icon dalam studi komunikasi visual memang memiliki kekuatan komunikasi yang luar biasa untuk menggantikan kata dan merepresentasikan konsep. Kekuatan icon sebagai alat komunikasi visual dilatari oleh fakta bahwa otak manusia mampu memproses informasi visual lebih cepat ketimbang teks dengan 40% bagian cerebral cortex otak manusia secara khusus ditujukan untuk persepsi visual.


Pada visualisasi informasi dalam format infografis, icon digunakan bersandingan dengan teks untuk meringkas pesan atau meningkatkan kecepatan transmisi pesan naratif. Pada visualisasi data, icon digunakan sebagai pengganti teks ataupun pengkategorian data. Bahkan, secara eksploratif icon juga dapat dijadikan model visualisasi data seperti pada pictograph.


Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan icon pada infografis dan visualisasi data.

Perbedaan utama penggunaan icon pada infografis dengan visualisasi data terletak pada tujuan komunikasinya. Pada infografis yang merupakan visualisasi informasi, icon dapat dieksplorasi dan disusun menjadi ilustrasi ataupun pendamping teks karena fungsi naratif dari infografis. Bahkan, anda dapat menyusun icon sebagai representasi naratif dalam icon storytelling yang biasanya digunakan untuk menjelaskan proses. Namun pada visualisasi data, icon memenuhi fungsi deskriptif dan disusun secara sistematis untuk merepresentasikan satuan data, kategori dan indikator pada variabel data.


Penggunaan icon pada infografis dan visualisasi data pada dasarnya mampu menambahkan konteks untuk melengkapi informasi dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh khalayak. Kunci keberhasilannya adalah menjaga konsistensi visual antara konten, identitas visual dan icon untuk menghasilkan dampak yang diinginkan. Pemahaman mengenai penggunaan icon pada infografis dan visualisasi data dapat membantu anda menentukan visualisasi yang tepat bagi informasi dan data yang anda sajikan.


2020 Poligrabs Creative Studio

Poligrabs adalah merek milik PT Balada Komunikasi Visual

  • Facebook
  • YouTube
  • Pinterest
  • Instagram

PT Balada Komunikasi Visual