• Rolip Saptamaji

Cara tepat menggunakan column chart


Column chart adalah variasi dari bar chart yang memiliki fungsi berbeda, bukan hanya karena pendekatan visualnya yang berubah dari horizontal ke vertikal, column chart juga cenderung memuat varian data yang berbeda dari bar chart biasa. Column chart memungkinkan kita memuat data nilai numerik yang memiliki rentang nilai seperti rentang umur dan rentang penghasilan yang dapat divisualkan dalam format histogram.


Apa itu column chart

Column chart adalah grafik visualisasi data yang direpresentasikan oleh persegi panjang dengan tinggi sebanding dengan nilai yang ditentukan. Column chart juga sering disebut sebagai bar chart vertical. Seperti bar chart dan line chart, data yang dibutuhkan oleh column chart adalah data yang terdiri dari dua variabel yaitu nilai dan item/kategori. Selain itu, column chart juga memungkinkan untuk memuat data yang berisi nilai dan rentang untuk memuat data frekuensi. Sumbu vertikal (X) digunakan untuk label item, kategori ataupun frekuensi, sedangkan sumbu horizontal (Y) digunakan untuk menunjukkan nilai numerik.



Kapan column chart digunakan

Column chart sangat baik digunakan untuk membandingkan nilai dari setiap kategori. Meskipun begitu, data yang baik untuk column chart adalah jika data yang dimuat memiliki kategori yang sedikit, mewakili nilai numerik dan terpisah antar kategorinya. Dengan begitu, column chart sangat berguna untuk memuat data yang bersifat serial waktu seperti trend dan data distribusi seperti pada histogram.



Perlu diperhatikan juga bahwa kemampuan simplifikasi visual setiap chart berbeda-beda berdasarkan data yang dimuat dan pesan yang ingin disampaikan. Begitupun dengan column chart yang memiliki keterbatasan visual ketika menghadapi dataset tertentu.

Misalnya; dalam visualisasi data trend column chart tidak akan tepat digunakan jika data set serialnya terlalu banyak. Dalam kasus ini line chart akan lebih efektif. Selain itu jika anda ingin melihat nilai kumulatif dari beberapa kategori, tentunya anda perlu menggunakan pie chart.




Bagaimana menggunakan column chart

Seperti pada jenis chart lainnya, baik pada pie chart maupun bar chart, penggunaan column chart juga perlu memperhatikan perumusan pesan yang sesuai dengan tujuan komunikasinya. Column chart mudah dipahami karena familiaritasnya dengan bangun bidang di sekitar kita, namun perlu diperhatikan bahwa keakuratan data yang diwakilkan juga harus mempertimbangkan efisiensi penyampaian pesan dalam penyajiannya agar pesan tidak hanya tersampaikan namun juga meyakinkan.