• Rolip Saptamaji

Cara tepat menggunakan line chart



Line chart atau diagram garis adalah salah satu bentuk visualisasi data yang sering digunakan untuk memperlihatkan fluktuasi atau perubahan kondisi dari waktu ke waktu. Anda dapat dengan mudah menemukannya pada visualisasi data keuangan yang menampilkan fluktuasi nilai tukar mata uang, naik turunnya nilai saham, ataupun perkembangan trend produk tertentu. Diagram garis mampu memberikan kilasan pemahaman tentang trend, akslerasi, pertumbuhan ataupun kemunduran dan muatan data dengan ringkas.


Apa itu line chart


Line chart atau diagram garis adalah garis yang menampilkan informasi serial data point yang dihubungkan dengan garis lurus atau kurva pada sumbu X dan Y. Line chart digunakan untuk melacak perubahan dari waktu ke waktu menggunakan interval waktu yang sama antara data poin seperti data serial bulanan, harian ataupun tahunan. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai bar chart, visualisasi serial waktu juga dapat dilakukan oleh column chart, namun untuk menghindari kebisingan visual pada serial data yang besar, diagram garis lebih mudah untuk menyampaikan pesan.


Sebagai contoh adalah serial data infeksi Covid-19 yang mencatat jumlah orang terkonfirmasi positif covid-19 setiap harinya selama satu tahun sejak pertama kali infeksi covid-19 tercatat. Jika data serial ini ditampilkan dengan column chart, maka anda akan melihat banyak garis berdempetan. Sementara, informasi yang anda butuhkan adalah kapan penularan meningkat dan kapan penularan menurun. Dengan line chart anda akan dengan mudah mengidentifikasinya melalui garis atau kurva yang menurun atau meningkat dibandingkan dengan susunan garis rapat.


Kapan line chart digunakan

Line chart atau diagram garis digunakan ketika anda ingin menyajikan data serial untuk menunjukkan trend. Diagram ini akan menunjukkan keterhubungan serial data numerik dengan satuan waktu yang digunakan dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Line chart dapat menunjukkan akselerasi peningkatan melalui garis atau kurva menukik ke atas dan menunjukkan penurunan melalui garis atau kurva mengarah ke bawah. Line chart juga dapat memperlihatkan volatilitas dengan garis naik turun melandai.



Bagaimana menggunakan line chart


Tantangan dari line chart sebenarnya terletak pada pemahaman kita terhadap data serial dan perumusan pesan sebelum menyajikannya dalam bentuk line chart. Efisiensi visualisasi dengan line chart tetap perlu memerhatikan tujuan komunikasinya agar pesan tersampaikan dengan baik dan visualisasi dapat mencapai fungsinya yaitu mempermudah pembaca memahami pesan. Oleh karena itu, pemahaman tentang perumusan pesan pada artikel sebelumnya tentang cara tepat memilih chart perlu dipahami dengan baik untuk melengkapi pemahaman anda tentang penggunaan line chart.


2020 Poligrabs Creative Studio

Poligrabs adalah merek milik PT Balada Komunikasi Visual

  • Facebook
  • YouTube
  • Pinterest
  • Instagram

PT Balada Komunikasi Visual