top of page
  • Writer's pictureRolip Saptamaji

Meningkatkan Impresi dengan Visualisasi dalam Desain Annual Report

Updated: Sep 14, 2023



paul rand Photos
Paul Rand (www.paulrand.design)

"Design is the silent ambassador of your brand."
- Paul Rand, (1985), Graphic Designer

Annual report atau laporan tahunan adalah representasi visual dari kinerja perusahaan dalam setahun terakhir. Oleh karena itu, desain laporan tahunan harus menjadi bagian penting dari strategi komunikasi perusahaan. Desain yang baik dan copywriting yang kuat dapat membantu menjelaskan visi dan misi perusahaan dengan memberikan informasi yang mudah dipahami pembaca. Selain itu, visualisasi yang tepat juga dapat membantu membangun kepercayaan dan memastikan bahwa informasi dalam laporan tahunan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.


UNDP Result Report 2020
UNDP Result Report 2020 Design by Poligrabs

Pentingnya Copywriting dalam Annual Report

Copywriting yang kuat sangat penting dalam penulisan laporan tahunan perusahaan. Ini karena copywriting memainkan peran besar dalam membuat laporan tahunan menjadi lebih informatif dan mudah dipahami dengan menerjemahkan informasi teknis menjadi narasi yang mudah dipahami. Copywriting yang baik harus mampu menyampaikan informasi yang penting dengan jelas dan efektif, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi dari laporan tersebut. Dalam laporan tahunan, copywriting juga berfungsi sebagai representasi dari merek perusahaan dan membantu membangun citra perusahaan yang positif dan profesional. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan kualitas copywriting saat menyusun laporan tahunan agar memberikan kesan yang baik pada pembaca.


Ketika menulis untuk penyusunan laporan tahunan, ada beberapa rambu-rambu yang perlu anda perhatikan. Seperti;

  1. Memastikan tata letak yang mudah dibaca,

  2. Menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami,

  3. Memprioritaskan informasi penting,

  4. Memastikan konsistensi gaya bahasa,

  5. Mempertimbangkan pemikiran dan kebutuhan pembaca,

  6. Menggunakan judul yang menarik dan deskripsi singkat untuk setiap bagian

  7. Menggunakan kalimat pendek dan padat

  8. Sertakan gambar dan ilustrasi untuk membantu menjelaskan informasi yang dimuat


Visualisasi Impresif dalam Annual Report

Desain memainkan peran yang sangat penting dalam membantu memaparkan informasi dan data yang sulit dipahami dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Dalam laporan tahunan, perusahaan sering harus menyajikan banyak informasi, seperti data keuangan, peluang pasar, dan rencana masa depan. Tanpa visualisasi yang baik, informasi ini bisa sulit dipahami dan mudah diterjemahkan dengan cara yang salah. Desain membantu membuat laporan tahunan menjadi lebih atraktif dan membantu memperkuat pesan dan tujuan perusahaan. Selain itu, desain juga membantu membangun citra perusahaan dan mempengaruhi citra brand perusahaan.


Layout design
Paul Rand Artwork

Merancang desain laporan tahunan yang impresif namun tetap informatif dan bebas bias, adalah tantangan tersendiri. Namun, ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memulainya.

  1. Fokuskan pada tujuan dan pesan yang ingin disampaikan. Pastikan bahwa visualisasi data menunjukkan informasi yang relevan dan penting tanpa memanipulasi data atau menimbulkan bias.

  2. Gunakan elemen desain dengan teratur dan teliti. Manfaatkan warna, font, dan ruang putih dengan bijak untuk membuat informasi mudah dibaca dan dipahami.

  3. Hindari penggunaan visualisasi yang terlalu rumit atau sulit dipahami.

  4. Uji coba desain Anda dengan beberapa orang untuk memastikan bahwa informasi yang dikomunikasikan jelas dan mudah dipahami.


LTKL Annual Report 2020
LTKL Annual Report 2020 designed by Poligrabs

Menguatkan Pesan dan Impresi pada Annual Report


Layout design by Paul Rand
Paul Rand Artworks

Menulis laporan tahunan perusahaan adalah hal yang penting bagi perusahaan, karena menyediakan laporan mengenai kinerja perusahaan dan hasil keuangan selama satu tahun. Dalam penulisan laporan tahunan, copywriting yang kuat dan desain yang impresif, informatif, dan bebas bias sangat penting. Copywriting yang baik akan membantu menyampaikan pesan yang jelas dan kuat, sementara desain yang baik akan membantu membuat laporan terlihat menarik dan mudah dibaca.



Referensi

Watson, Thomas J. Jr. "Good design is good business." Speech, New York, NY, 1954.

Jobs, Steve. "Think Different" Commercial. Apple Inc., 1997.

Rand, Paul. "Paul Rand: A Designer's Art." Yale University Press, 1985.


bottom of page