top of page
  • Writer's pictureRolip Saptamaji

Rahasia Public Speaking : Bercerita dengan teknik persuasif seperti Steve Jobs


Steve Jobs Illustration
Steve Jobs by Lexica Aperture
"People don't know what they want until you show it to them."
Steve Jobs

Siapa tak kenal Steve Jobs, Ia adalah orang dibalik kesuksesan Apple memimpin pasar elektronik dan perangkat lunak. Mungkin tidak akan banyak orang mengenal iPhone tanpa kemampuan public speaking Steve Jobs yang luar biasa dalam menarasikan produknya. Dalam teknik public speaking, Jobs menggabungkan dua teknik sekaligus untuk meyakinkan audiensnya yaitu teknik storytelling dan persuasi yang diramu dengan gestur dan intonasi yang meyakinkan dibantu oleh visualisasi yang memukau.


Teknik Kombinasi Steve Jobs

Teknik storytelling Steve Jobs sangat terkenal dan memiliki pengaruh besar pada bagaimana produk Apple dipresentasikan dan dipromosikan kepada publik. Teknik persuasi adalah upaya untuk mempengaruhi pandangan atau sikap seseorang melalui argumentasi dan pemikiran yang kuat. Dalam public speaking, teknik ini bisa digunakan untuk mempengaruhi pendengar dan membuat mereka tertarik pada topik yang dibicarakan. Sedangkan, storytelling adalah metode untuk menyampaikan pesan atau informasi melalui cerita. Dalam public speaking, storytelling bisa membantu untuk membuat materi lebih mudah dipahami dan menarik bagi pendengar. Jobs memiliki kemampuan untuk mengaitkan produk dengan cerita emosional dan membuat audiens merasa terhubung dengan produk dan visi yang diinginkan. Jika disimpulkan secara ringkas, teknik kombinasi Steve Jobs dapat direplikasi melalui 5 tahap berikut:

  • Pertimbangan Sebelum Berbicara

Mengetahui audiens dan topik yang akan dibicarakan adalah hal penting untuk mempersiapkan diri dan memilih teknik storytelling yang tepat.

  • Tentukan Cerita dan Pesan Utama

Penting untuk memiliki cerita dan pesan utama yang kuat dan memotivasi untuk dibagikan. Ini akan membantu menjaga fokus dan membuat presentasi lebih memukau.

  • Gunakan Contoh Visual

Menambahkan contoh visual akan membantu memperkuat cerita dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh audiens.

  • Buat Emosi dan Koneksi dengan Audiens

Menciptakan emosi dan koneksi dengan audiens akan membuat cerita lebih menyentuh dan membekas dalam memori mereka.

  • Pertahankan Fokus pada Cerita dan Pesan Utama

Tetap fokus pada cerita dan pesan utama selama presentasi, ini akan membantu menjaga konsistensi dan memastikan pesan tersampaikan dengan baik.


People meetings
Illustrated Presentation AI Generated

Dalam pidatonya pada konferensi pembukaan Apple, Steve Jobs mengatakan, "People don't know what they want until you show it to them." Ini menunjukkan bagaimana dia memahami pentingnya menghubungkan produk dengan kebutuhan dan keinginan audiens. Metode public speaking ini dapat dilihat ketika Steve Jobs mempresentasikan tentang produk baru seperti iPhone dan iPad. Ia tidak sibuk memperkenalkan fitur teknis dari produk, tetapi membawakan cerita tentang bagaimana produk tersebut akan membuat hidup penggunanya lebih mudah dan lebih baik. Pendekatan inilah yang mampu memikat para audiens dan meyakinkan mereka untuk menggunakan atau membeli produk baru tersebut.


Belajar dari Steve Jobs

Steve Jobs memiliki kemampuan luar biasa dalam teknik public speaking, memadukan teknik storytelling dan persuasi untuk mempengaruhi audiens dan membuat mereka tertarik pada produk yang dibicarakan. Jobs mempersiapkan diri dengan memahami audiens dan topik yang akan dibicarakan, menentukan cerita dan pesan utama yang kuat dan memotivasi, menambahkan contoh visual, menciptakan emosi dan koneksi dengan audiens, dan mempertahankan fokus pada cerita dan pesan utama selama presentasi. Pendekatan Jobs dalam public speaking membantu memikat audiens dan meyakinkan mereka untuk menggunakan atau membeli produk yang dibicarakan.


Referensi

Walter Isaacson. (2011). Steve Jobs. New York: Simon & Schuster.

18 views

1 Comment

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
Guest
Aug 04, 2023
Rated 5 out of 5 stars.

😎

Like
bottom of page