10 Tips Membuat Motion Graphic Singkat dan Menarik Perhatian untuk Media Sosial
top of page
  • Writer's pictureRolip Saptamaji

10 Tips Membuat Motion Graphic Singkat dan Menarik Perhatian untuk Media Sosial


social media icons
Social media illustrated

Motion Graphic di Media Sosial

Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat ampuh saat ini. Kemudahan akses dan banyaknya jumlah orang yang aktif mengakses beragam informasi pada platform ini membuatnya sangat menarik perhatian. Meskipun begitu, banyak juga pelaku bisnis dan organisasi sosial yang memanfaatkan media sosial untuk menarik perhatian sehingga kompetisi konten tidak dapat dihindari lagi.


Berbeda dengan konten statis seperti foto atau ilustrasi, Motion Graphic mampu menarik perhatian secara visual melalui animasi dan narasi yang disampaikan. Permainan efek, audio dan warna pada ilustrasi Motion Graphic menjadi jalan masuk bagi audiens untuk menggali lebih dalam tentang informasi yang disampaikan oleh akun brand ataupun lembaga.


10 Tips membuat Motion Graphic pendek

Berikut adalah 10 tip untuk membuat Motion Graphic pendek yang menarik perhatian untuk media sosial:


  1. Tetap singkat dan memukau. Banyak konten yang berlomba-lomba mencari perhatian di media sosial, namun durasi audiens tertarik pada suatu konten sangatlah singkat. Oleh karena itu, penting untuk membuat Motion Graphic Anda singkat dan to the point. Upayakan dengan durasi 15 detik atau kurang Anda dapat menghasilkan konten yang mudah dicerna dan menarik perhatian.

  2. Gunakan visual yang menarik perhatian. Gunakan grafik yang menarik, warna yang berani, dan citra yang mencolok untuk menarik perhatian audiens Anda.

  3. Gunakan pesan yang kuat dan jelas. Gunakan bahasa yang ringkas dan menarik untuk mengkomunikasikan pesan Anda dan ajak audiens anda untuk terlibat didalamnya.

  4. Gunakan kalimat ajakan/call to action yang kuat dan jelas. Kalimat ajakan yang kuat dan jelas mampu mendorong audiens Anda melakukan tindakan yang diinginkan, seperti mengunjungi situs web Anda atau membeli produk Anda.

  5. Gunakan grafik, ilustrasi dan foto berkualitas. Aset grafis yang berkualitas yang dilengkapi dengan identitas visual khas brand/lembaga anda mampu menciptakan nuansa yang kohesif dan konsisten untuk Motion Graphic Anda dan membangun identitas visual yang kuat untuk merek Anda.

  6. Gunakan musik dan efek suara. Musik dan efek suara mampu menciptakan pengalaman audio yang kohesif dan imersif bagi audiens Anda.

  7. Gunakan template dan elemen desain terbaik. Ciptakan tampilan dan nuansa yang konsisten untuk Motion Graphic Anda dan memastikannya selaras dengan brand/identitas lembaga Anda.

  8. Gunakan gaya dan teknik animasi berkualitas. Gunakan gaya dan teknik animasi untuk membuat identitas visual yang unik dan mudah dikenali untuk motion graphic Anda.

  9. Gunakan teknik storytelling. Gunakan teknik storytelling untuk mengkomunikasikan nilai dan pesan merek Anda secara efektif kepada audiens Anda.

  10. Bekerja dengan studio Motion Graphic profesional. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari motion graphics Anda dan memastikan bahwa mereka selaras dengan merek Anda dan memenuhi tujuan spesifik Anda, sebaiknya bekerja sama dengan studio motion graphics profesional. Studio-studio ini memiliki keterampilan dan pengalaman untuk membuat Motion Graphic berkualitas tinggi yang secara efektif akan mempromosikan merek brand/lembaga Anda.


Kesimpulan

Menggunakan Motion Graphic adalah cara ampuh untuk membuat konten media sosial yang menarik secara visual, dan menonjol di tengah hiruk pikuk persaingan konten media sosial. Dengan mengikuti tips ini dan bekerja sama dengan studio motion graphics profesional, Anda dapat membuat motion graphics singkat yang menarik perhatian yang akan mempromosikan brand/lembaga Anda secara efektif. Baik Anda ingin mempromosikan produk, mengarahkan traffic pengunjung ke situs web, atau membangun loyalitas merek, motion graphic dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.


bottom of page