• Poligrabs Infographic

5 Ide Infografis yang Ga Ada Habisnya

Updated: May 2

Oleh: Rolip Saptamaji


Infografis memiliki kemampuan unik mengemas komunikasi, konten yang padat dapat diringkas ke dalam format yang menarik dan mudah dibaca. Tentunya dengan visualisasi yang lebih dulu memikat pembaca. Selain itu, infografis juga mudah disebarkan menggunakan berbagai platform baik cetak maupun digital.


Tapi tidak hanya itu, infografis sebenarnya adalah media komunikasi yang terbilang sakti karena kemampuannya mengkombinasikan berbagai konten dengan visualisasi yang tepat. Mulai dari data, fakta dan berita semua menjadi bercerita karena infografis. Sehingga, semua yang tadinya rumit menjadi mudah dipelajari. Ya, karena kita makhluk visual yang lebih mudah belajar melalui gambar ketimbang tulisan.


Nah, sekarang gimana dengan infografis yang sudah kamu buat sendiri? Apakah sudah mencapai kesaktiannya? Atau masih merangkak menggali makna. Karena, meski seakan mudah dipelajari sebenarnya merancang infografis yang bagus itu tidak mudah. Mungkin kamu pernah sekali atau dua kali membuat infografis yang bagus baik secara konten maupun visual, tapi sayangnya keberhasilan itu tidak mudah untuk diulang.


Saya sendiri sejak 2014 sudah merancang dan melakukan brainstorming untuk lebih dari 1100 infografis dengan berbagai jenis konten dari education, public relation hingga marketing. Tapi, tidak semuanya berhasil mendapatkan dampak yang maksimal (alias kurang sakti). Saya tau betul merancang infografis itu tidak pernah cukup dengan niat dan imajinasi karena kadang malah tidak terkendali. Makanya, dalam artikel ini saya mengkompilasikan lima sumber ide yang saya gunakan untuk merancang infografis untuk membantu anda melakukan brainstorming menggali ide bersama tim kreatif anda.


Infografis 5 Ide Infografis yang Ga Ada Habisnya

1. Trend

Sumber: www.visualinformation.info

Jika kamu pebisnis ataupun orang yang bergerak pada bidang komunikasi, tentu kamu sangat memerhatikan trend. Istilah ini mengacu pada apa yang sedang hip atau populer pada waktu tertentu. Trend biasanya mengacu pada objek spesifik seperti industri, pasar, fashion ataupun isu. Trend sangat beragam, berubah-ubah dan memiliki peminat yang berbeda-beda, oleh karena itu trend dapat dijadikan sumber ide infografis yang tidak terbatas.


2. Berita

Berita adalah informasi tentang suatu kejadian yang sedang terjadi atau dalam rentang waktu kekinian. Berita dapat diakses melalui berbagai media baik langsung maupun tak langsung. Karena dipublikasi secara massal dalam waktu yang relatif bersamaan, berita selalu menjadi pusat perhatian. Jika kamu merancang infografis berdasarkan berita atau infografis jurnalistik, maka pastikan kamu dapat meresponnya dengan cepat dan tepat.


3. Data

Infografis Data Aksi Teror di Jakarta

Sekarang, semua orang suka data, semua juga suka bicara soal data. Tapi, tidak semua bisa membaca data. Maka, data menjadi sumber utama dalam infografis yang melibatkan skill teknik dan skill artistik. Merancang infografis berbasis data sangatlah berguna bagi banyak orang karena meningkatkan kemampuan ekspansi dan keterbacaan data. Infografis seperti ini canderung memiliki kemampuan bertahan yang cukup stabil karena tidak bergantung pada trend dan sirkulasi opini dalam berita.


4. Tutorial

Infografis Tutorial Menyajikan Kopi

Kalian tentu tahu situs-situs yang menyediakan informasi tutorial seperti wikihow dan banyak juga konten video youtube yang juga berisi tentang tutorial. Banyak orang yang menyukai konten seperti ini karena memudahkan mereka mempelajari dan mempraktekkan teknik tertentu secara langsung. Infografis seperti ini memiliki segmen yang cukup luas berdasarkan konten tutorial apa yang disajikan. Teknik dan produk baru selalu bermunculan setiap hari, keingintahuan dan kemauan belajar juga tidak pernah habis. Oleh karena itu, infografis seperti ini memiliki kemampuan bertahan dan dampak publik yang cukup kuat.







5. Informasi Perusahaan

Infografis Profil Poligrabs 2018

Kalian bisa bilang ini tidak ada perbedaanya dengan company profile, tapi sebenarnya berbeda. Infografis yang memuat informasi perusahaan dapat mencari ide yang unik, spesifik dan tidak terbatas. Mulai dari profil, data hingga budaya perusahaan semua dapat diulas dalam infografis menjadi informasi yang berguna untuk komunikasi internal maupun eksternal perusahaan. Maka, siapkan mata dan buku catatan, mungkin saja anda perlu menginvestigasi rekan kerja anda untuk merancang konten infografis.










Kelima sumber ide tersebut bagi saya menjadi sumber perancangan informasi yang tidak ada habisnya. Karena, kelima ide tersebut bergerak dinamis dan dapat diterjemahkan menjadi berbagai varian visualisasi. Tentu saja itu hanya berlaku bagi saya, mungkin anda punya sumber ide lain yang menarik dan berkelanjutan. Jika begitu, mari kita berbagi ide.


#Poligrabs #infografis #datavisualization #contentwriting #infographicideas

0 views

2020 Poligrabs Creative Studio

Poligrabs adalah merek milik PT Balada Komunikasi Visual